Resep Soto Ayam Seger Mantep Untuk Pemula

Soto Ayam Seger Mantep. Soto ayam, salah satu masakan berkuah kuning dan bening khas Indonesia yang paling digemari masyarakat kita. Seperti juga soto daging yang pernah kita posting beberapa bulan lalu, resep masakan ini memang paling pas dinikmati di segala waktu dan acara. Selain soto ayam, ada juga soto daging yang pada dasarnya sama seperti soto ayam, namun digantikan dengan daging, membuat cita rasa lain di olahan soto satu Penjual soto ayam memang sudah menjamur.

Soto Ayam Seger Mantep Bumbunya sangat mudah dan dengan blender proses memasak pun Untuk membuat soto Lamongan ini saran saya gunakan ayam kampung, karena ayam jenis ini membuat kaldu soto menjadi lebih gurih dan tidak. Misalnya Soto Lamongan, Soto Kediri, Soto Madura, Soto Jepara, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Medan, Coto Makasar Karena kandungan kaldu ayam kampung inilah yang membuat Soto Lamongan terasa berbeda dengan soto-soto lainya. Resep Soto Ayam - Siapa yang tidak tahu soto ayam? Cara membuatnya cukup mudah Soto Ayam Seger Mantep menggunakan 25 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Soto Ayam Seger Mantep

  1. Dibutuhkan 2 potong dada ayam.
  2. Siapkan Secukupnya air.
  3. Siapkan Bumbu halus.
  4. Siapkan 8 bawang merah.
  5. Dibutuhkan 5 bawang putih.
  6. Dibutuhkan 2 butir kemiri.
  7. Siapkan 1 ruas jahe.
  8. Siapkan 1 ruas kunyit.
  9. Dibutuhkan Bumbu pelengkap.
  10. Dibutuhkan 1 sachet bumbu soto ayam (saya pakai Indofood).
  11. Dibutuhkan 1 ruas lengkuas geprek.
  12. Siapkan 3 lembar daun salam.
  13. Siapkan 1 buah serai geprek.
  14. Siapkan Totole.
  15. Dibutuhkan Gula pasir.
  16. Dibutuhkan Lada putih bubuk.
  17. Siapkan Bahan untuk isi soto.
  18. Siapkan 2 bungkus soun (rebus 2 menit).
  19. Siapkan Wortel (potong dan rebus sebentar hingga ckp empuk).
  20. Dibutuhkan Tomat (potong jadi beberapa bagian).
  21. Siapkan Tauge (rebus di air mendidih, 15 detik, angkat).
  22. Siapkan Kubis/kol (iris).
  23. Siapkan Daun seledri (potong2).
  24. Dibutuhkan Daun bawang (potong2, pisahkan bagian hijau dan putih).
  25. Siapkan Telur rebus.

Makanan enak berkuah dengan sup ayam. Mengapa? karena menggunakan bahan utamanya yaitu daging ayam Yang membedakan antara soto ayam dengan sup ayam yaitu terletak pada resep soto ayam yaitu menggunakan bahan kunyit. Ada perbedaan antara soto ayam dengan soto daging. Untuk soto ayam, sajiannya memakai so'on, ayam suwir, seledri dan taburan bawang merah Harganya juga terjangkau kantong.

Langkah Pembuatan Soto Ayam Seger Mantep

  1. Panaskan minyak dalam wajan. Masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum. Kemudian masukkan lengkuas, serai, dan daun salam. Aduk hingga bumbu halus berubah kecoklatan. Setelah bumbu halus matang, tambahkan bumbu instan indofood soto (supaya soto lebih mantap). Aduk hingga tercampur rata dengan bumbu halus..
  2. Masukkan 2 potong dada ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam bumbu tumis. Tambahkan air secukupnya. Masukkan potongan daun bawang bagian putih. Aduk rata. Kemudian tutup wajan. Tunggu hingga mendidih dan ayam matang. Kemudian tambahkan totole sedikit (karena kalau udah pakai bumbu instan indofood sbnrnya sudah cukup asin), gula pasir secukupnya (supaya balance rasanya) dan lada putih bubuk. Masak terus kuah soto tsb, sambil cek rasa apakah udah pas atau blm..
  3. Ambil ayam dari dalam kuah rebusan. Pisahkan antara daging dan tulang. Suir daging ayam sebagai bahan pelengkap isi. Dan masukkan lagi tulang ayam ke dalam kuah rebusan (kalo saya sayang aja tulangnya dibuang mending dimasukkan untuk tambahan rasa/kaldu kuah soto)..
  4. Siapkan bahan2 untuk isi soto. Ayam suir, tauge rebus, wortel rebus (ini karena saya suka sayuran banyak, saya tambahkan wortel, jika gak suka bisa diskip), soun, tomat, seledri + daun bawang bagian hijau, telur rebus, kubis, jeruk nipis..
  5. Tata semua bahan isi soto ke dalam mangkuk (nasi bisa dicampur atau dipisah, sesuai selera aja). Kemudian tuangkan kuah soto yg masih panas (masih dipanaskan dg api kompor) secukupnya. Beri perasan jeruk nipis supaya lebih segar. Soto siap dinikmati..
  6. Note: pakai sambel soto, kecap manis, dan kerupuk bakal nikmat tiada duanya. 😋.

Bagaimana rahasia dalam mempertahankan ditengah derasnya persaingan pasar di era modern ini? Namun yang paling banyak penggemarnya adalah soto ayam dan soto sapi, baik yang. Soto ayam ni memang kesukaan ita. Tau tak hari-hari ita sarapan makan soto ayam pun boleh. Biasa makan kat kedai Pak Abu kat Taman Daya ni. tapi bulan puasa Pak Abu tak meniaga. kenalah masak sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Soto Ayam Seger Mantep Untuk Pemula"

Posting Komentar

close