Langkah Membuat Sayur Asem Legit dan Nikmat

Sayur Asem. Lihat juga resep Sayur Asem Kangkung #MasakanRumahan enak lainnya. Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. It is a popular Southeast Asian dish, consisting of vegetables in tamarind soup.

Sayur Asem Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Saat cuaca sedang panas, akan terasa begitu nikmat jika Kita mencoba makan masakan yang enak, segar namun juga gurih seperti sayur asem. Bukan hanya nikmat, sayur asem juga mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Cara membuatnya tidak sulit Sayur Asem menggunakan 20 bahan dan 4 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Sayur Asem

  1. Siapkan Bumbu Halus.
  2. Dibutuhkan 1 siung Bawang Putih.
  3. Dibutuhkan 3 btr Bawang Merah.
  4. Siapkan 4 bh Cabe Keriting.
  5. Siapkan 2 btr Kemiri.
  6. Siapkan Bumbu tmbhan.
  7. Dibutuhkan 4 cm Lengkuas, bagi dua lalu digeprek.
  8. Siapkan 4 bh Asam, digeprek.
  9. Siapkan 3-5 bh Cabe Rawit (sesuaikan selera msg").
  10. Dibutuhkan 1 bungkus bumbu racik.
  11. Siapkan 1 sdt Garam.
  12. Dibutuhkan 1 sdt Kaldu Jamur.
  13. Siapkan 1 sdt Gula Palem.
  14. Siapkan secukupnya Air.
  15. Siapkan Sayurannya.
  16. Siapkan 3 bh Labu kecil, dipotong2.
  17. Dibutuhkan 5 bh Kacang Panjang, dipotong2.
  18. Siapkan 1 bh Jagung, dipotong sktr 3cm.
  19. Dibutuhkan 2 sdm Kacang Tanah.
  20. Siapkan secukupnya Melinjo.

Sayur asem is a popular vegetable soup dish with tamarind. The sweet and sour flavor of this dish is refreshing and it is usually eaten with fried dish, such as ayam goring (fried chicken) or ikan goring (fried fish) and rice. Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya.

Langkah Pembuatan Sayur Asem

  1. Siapkan semua bahan lalu cuci dan potong2 sesuaikan selera msg2. Ulek bumbu halus terlebih dahulu..
  2. Panaskan panci yg sudah berisikan air matang 1/2 dari panci kira2 saja lalu masukan bumbu halus serta bumbu tmbhan seperti lengkuas, asam dan cabe rawit..
  3. Lalu masukan kacang tanah dan melinjo terlebih dahulu stlh mendidih masukan jagung dan labu tmbhkan bumbu racik..
  4. Tunggu hingga mendidih lagi baru masukan kacang panjang terakhir dan beri bumbu garam, totole dan gula palem lalu test rasa tunggu semua bahan matang sempurna/sudah empuk baru siap dihidangkan..

Meski sayur asem beragam, tapi semua rasanya enak kok. Resep sayur asem enak, segar dan nikmat, apalagi ketika cuaca sedang hangat atau panas. Dengan rasanya yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu, asem, pedas dan segar menjadikan menu sayur asem sering hadir di resto atau diwarung-warung makan terdekat. Resep dengan petunjuk video: Sayur asem, merupakan makanan rumahan yang cukup terkenal di pulau Jawa. Rasa kuah segar dan asam berpadu dengan baik dengan sayuran di dalamnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat Sayur Asem Legit dan Nikmat"

Posting Komentar

close