Resep Ayam bakar woku Kekinian

Ayam bakar woku. Ayam woku merupakan resep masakan ayam dengan aroma rempah dan rasa pedas khas Manado. Resep masakan asli minahasa ini memang sangat mengundang selera. Resep Ayam Bakar - Ayam bakar adalah salah satu masakan favorit di Indonesia.

Ayam bakar woku Berikut berbagai bahan dan bumbu yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum Anda. Ayam woku biasanya dimasak hingga kuahnya mengental dan sedikit menyusut. Sajian ini adalah lauk yang sangat cocok bersanding dengan nasi putih panas. Cara membuatnya tidak sulit Ayam bakar woku menggunakan 20 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Ayam bakar woku

  1. Dibutuhkan 1 ekor ayam potong, cuci bersih.
  2. Siapkan 2 ikat kemangi, ambil daun dan pucuk mudanya.
  3. Dibutuhkan 3 batang daun bawang, rajang kasar.
  4. Siapkan 1 butir tomat merah, iris tipis.
  5. Siapkan minyak untuk menumis bumbu.
  6. Dibutuhkan Bumbu.
  7. Siapkan 5 lembar daun jeruk purut.
  8. Dibutuhkan 2 lembar daun kunyit, cuci bersih dan simpul erat.
  9. Dibutuhkan 2 batang serai, pipihkan.
  10. Dibutuhkan 8 butir bawang merah, iris tipis.
  11. Dibutuhkan 6 butir cabai rawit merah/ sesuai selera,diresep asli dihaluskan.
  12. Dibutuhkan Bumbu yang dihaluskan.
  13. Siapkan 10 butir cabai merah keriting (sesuai selera).
  14. Dibutuhkan 2 ruas kunyit.
  15. Siapkan 2 ruas jahe.
  16. Dibutuhkan 4 butir kemiri.
  17. Siapkan 1/2 sendok teh merica butiran (saya skip).
  18. Siapkan secukupnya Garam.
  19. Siapkan 2 sdt Gula pasir (saya skip).
  20. Dibutuhkan Kaldu bubuk (optional).

Dimasak dengan cara yang benar, Ayam Woku maknyus hingga ke tulang, bumbunya meresap buat makan makin lahap. Jadi tunggu apalagi, yuk intip bahan dan cara memasaknya berikut ini dilansir. Ayam woku dengan bumbu kuning pedas adalah favoritnya di masakan Minahasa. Sebagian orang menyebut ayam woku khas Manado.

Langkah Pembuatan Ayam bakar woku

  1. Membersihkan ayam Ambil 1 mangkuk kecil garam kasar, gosokkan garam pada seluruh permukaan kulit ayam menggunakan telapak tangan, seperti kita sedang melakukan scrubbing pada kulit tubuh. Kalau perlu bagian dalam rongga ayam juga kita gosok. Lakukan hingga kulit ayam terlihat bersih, licin dan terasa kesat. Cara ini terbukti manjur untuk menghilangkan bau-bau aneh pada ayam potong..
  2. Siapkan panci atau belanga, tuangkan kira-kira 3 sendok makan minyak goreng, panaskan. Masukkan bawang merah dan daun-daunan bumbu kecuali kemangi dan daun bawang. Tumis hingga bawang setengah matang dan daun layu..
  3. Masukkan bumbu halus, tumis hingga harum. Tambahkan potongan ayam ke dalam panci, garam. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur merata dengan ayam. Masak hingga ayam setengah matang..
  4. Tambahkan daun bawang, aduk rata. Masak hingga ayam matang dan kuah agak mengering. Masukkan daun kemangi dan tomat iris, masak hingga semua bahan matang. Angkat..
  5. Siap dibakar, saya bakarnya pakai happycall, panaskan lalu oles mentega secukupnya dan tata ayam di happycall.
  6. Bakar ayam sampai berwarna kuning kecoklatan.
  7. Siap disajikan dengan cinta untuk keluarga tercinta bersama dengan nasi hangat...bikin lapeerr.

Ayam woku lebih kepada nama sebuah masakan. Untuk detail apakah ada jenis ayam ras dengan nama woku tidak di bahas di sini. Pepes Ayam Bumbu Woku bisa jadi pilihan saat Anda bosan terhadap ayam goreng atau ayam bakar. Bumbu woku khas Manado memadukan beragam rempah yang berpadu sempurna dengan tekstur. Ada dua versi woku, yaitu Woku Belangan (berkuah) dan Woku Daun (kering) untuk memasak berbagi jenis protein.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Ayam bakar woku Kekinian"

Posting Komentar

close