Cara Memasak Sayur Asem Timun Krai Yang Enak

Sayur Asem Timun Krai. Sebenarnya, timun krai itu adalah timun Jepang (kiuri), hanya saja masyarakat Jawa Masyarakat Jawa Timur yang lebih familiar dengan timun krai, biasa mengolah bahan ini jadi sayur lodeh, sayur asem, sayur rebus yang dimakan dengan sambel pecel. Merdeka.com - Sayur timun krai dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang dimasak sebagai sayur asem khas Jawa Timur. Bagi kamu yang tidak tahu, timun krai memang memiliki bentuk seperti mentimun pada umumnya namun lebih pendek dengan daging yang lebih tebal.

Sayur Asem Timun Krai Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya. Resep sayur asem dari berbagai daerah mudah sederhana ala rumahan. Sayur asem Jawa Tengah, Jawa Timur, sayur asem Sunda, Jakarta, Betawai Kalau sayur asem Sunda, berarti sama dengan sayur asem Jawa Barat donk. Cara membuatnya tidak susah Sayur Asem Timun Krai menggunakan 19 bahan dan 5 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Sayur Asem Timun Krai

  1. Dibutuhkan Bahan.
  2. Siapkan 1 buah timun krai.
  3. Dibutuhkan 7 helai kacang panjang.
  4. Siapkan 1 buah jagung manis.
  5. Siapkan 2 genggam ale.
  6. Siapkan 2 cm lengkuas.
  7. Dibutuhkan 2 lembar daun salam.
  8. Dibutuhkan 1200 ml air.
  9. Dibutuhkan 1 sdm garam.
  10. Dibutuhkan 1 sdt gula pasir.
  11. Siapkan 1 sdt bubuk kaldu jamur.
  12. Dibutuhkan 1 sdm asam jawa yg direndam dengan 100ml air.
  13. Siapkan Bumbu halus.
  14. Dibutuhkan 5 buah bawang merah.
  15. Dibutuhkan 3 buah bawang putih.
  16. Dibutuhkan 1/2 buah cabe merah.
  17. Dibutuhkan 1/2 buah tomat buang isinya (tambahan dari saya).
  18. Siapkan 1 sdm gula merah.
  19. Siapkan 1 sdt terasi (tambahan dr saya).

Yupz betul, ada sayur asem Sunda yang kesegarannya langsung bisa. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur. Iris ujung timun krai, kemudian potong seukuran satu suapan. Panaskan air hingga mendidih, kemudian masukkan bumbu yang.

Langkah Pembuatan Sayur Asem Timun Krai

  1. Siapkan semua bahan sayuran, potong2 dan cuci bersih kemudian sisihkan..
  2. Siapkan irisan bawang merah dan putih. Uleg semua bahan bumbu halus. Geprek lengkuas..
  3. Didihkan air, masukkan irisan bawang merah putih, bumbu halus, salam dan lengkuas. Setelah mendidih masukkan jagung, timun krai, dan kacang panjang. Tunggu sampai setengah matang baru masukkan ale..
  4. Kemudian masukkan larutan air asam, tambahkan garam dan gula pasir, kaldu jamur aduk2 sampai rata sambil koreksi rasa. Tunggu sampai mendidih kembali dan semua bahan sayur empuk..
  5. Sayur asem timun krai siap disajikan..

Keistimewaan dari sayur asem adalah penggunaan asem jawa pada masakan yang membuat kalian akan merasakan sensai asam dan menyegarkan. Bersihkan timun krai atau labu siam dengan mengupas kulitnya dan potong menjadi seukuran suapan. Sayur asem termasuk sajian sehat yang menyegarkan. Yuk intip kreasi resep sayur asem yang bisa Anda coba di rumah agar tidak membosankan. Jika sayur asem yang Anda masak biasanya tidak pakai kangkung, kali ini Anda patut mencobanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasak Sayur Asem Timun Krai Yang Enak"

Posting Komentar

close