Resep Homemade Kimchi - 2020 Yang Renyah

Homemade Kimchi - 2020.

Homemade Kimchi - 2020 Cara membuatnya tidak sulit Homemade Kimchi - 2020 menggunakan 14 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Homemade Kimchi - 2020

  1. Dibutuhkan ± 3 kilogram Sawi Putih, cuci bersih, lepaskan dr bonggolnya.
  2. Dibutuhkan ±30-40 gr/secukupnya garam utk membalur setiap lembar sawi putih.
  3. Dibutuhkan 2 batang daun bawang, potong sedang.
  4. Dibutuhkan 1 buah bawang bombay ukuran sedang, haluskan.
  5. Siapkan 3 cm jahe, haluskan.
  6. Dibutuhkan 10-12 siung bawang putih, haluskan.
  7. Dibutuhkan 80-100 gr cabe bubuk murni, lokal OK, wajib cek kadar pedasnya!.
  8. Dibutuhkan Bahan utk Pasta Kimchi:.
  9. Dibutuhkan 200 ml kecap ikan Royal Gold.
  10. Siapkan 50 gr tepung beras rose brand.
  11. Dibutuhkan 550 ml air.
  12. Siapkan 115 gr gula pasir.
  13. Dibutuhkan Taburan:.
  14. Siapkan Secukupnya Wijen Sangrai (boleh skip).

Cara Pembuatan Homemade Kimchi - 2020

  1. Balurkan garam di setiap lembaran sawi putih, satu persatu, letakkan di baskom yg cukup besar, biarkan kira2 selama 2 jam hingga layu dan keluar air nya.
  2. Setelah 2 jam, bersihkan semua garam, jangan sampai ada garam yg tertinggal, bilas sawi putih dgn air bersih, peras hingga sawi putih kering tdk mengandung air lagi.
  3. Siapkan bahan2, semua bawang2 dan jahe dihaluskan, cabe bubuk jika pakai khusus dr korea, langsung sesuai takaran, jika pakai yang lokal, pastikan dulu level pedasnya, krn saya mengalami bubuk cabe dengan level pedas parah, jika keadaan spt itu, sebaiknya dikurangi saja takaran jumlah cabe bubuknya. Juga siapkan kecap ikannya, pakai Royal Gold krn sy sudah coba beberapa, tapi merk ini yg terbaik menurut saya.
  4. Siapkan pastanya, campur tepung beras, gula, air, kecap ikan, masak sambil diaduk terus hingga mengental-hati2 jgn sampai gosong dibawahnya, jika sdh matang dan kental, angkat. Kemudian setelah hangat, masukkan semua bumbu halus tadi, beserta cabe bubuk dan daun bawangnya.
  5. Aduk rata pasta tsb, siapkan wadah plastik semacam tupperware yang cukup besar yang ada tutupnya, kemudian balurkan satu per satu bolak balik di setiap lembaran sawi putih, gunakan sarung tangan dalam proses ini. Masukkan setiap lembaran di dalam wadah plastik tersebut. Lakukan tahap ini hingga semua sawi putih sudah terbalur pasta kimchi.
  6. Setelah semua proses selesai, sawi putih sudah terbalur dan tersusun rapi dalam wadah tsb, maka kita tinggal tutup rapat wadah plastiknya, simpan dlm suhu ruangan, dan tunggu selama 2 hari 2 malam. Jika sudah 2 hari, dan terlihat gelembung2 disekeliling sawi putihnya, maka Kimchi sudah bisa dipanen. Tinggal taburi wijen sangrai jika suka. Note: jangan terlalu penuh dlm satu wadah, krn nanti bisa bertambah airnya dan akan luber keluar.
  7. Setelah panen, wadah kimchi bisa kita pindahkan ke dalam kulkas, ambil beberapa banyak setiap kita membutuhkannya, dan tinggal dipotong2/gunting. Bisa dipakai utk tambahan sup, mie goreng, dll sangat sedap!.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Homemade Kimchi - 2020 Yang Renyah"

Posting Komentar

close