Resep Dodol tepung beras ketan Legit dan Nikmat

Dodol tepung beras ketan. Kata kunci: Tepung beras ketan, dodol pepaya, komposisi kimia, uji organoleptik. The objective of this research was to determine the best level of concentration of waxy rice flour on the.. Beras ketan (Oryza sativa var. glutinosa) adalah sebuah jenis beras yang utamanya tumbuh di Asia Tenggara dan Asia bagian timur.

Dodol tepung beras ketan Kemudian masak lagi bersama tepung beras ketan. Aduk hingga rata dengan api kecilMasak hingga. Dodol merupakan makanan tradisional yang cukup popular dibeberapa daerahIndonesia. Cara membuatnya tidak susah Dodol tepung beras ketan menggunakan 7 bahan dan 4 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Dodol tepung beras ketan

  1. Dibutuhkan 200 gr tepung beras ketan putih.
  2. Siapkan 300 gr gula merah iris halus.
  3. Siapkan Daun pandan secukup nya.
  4. Dibutuhkan 300-400 ml santan lembek dan padat nya adonan sesuai selera.
  5. Siapkan Kalau suka lembek bisa di tamba santan kalau suka padat santan.
  6. Dibutuhkan Bisa di kurangi.
  7. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.

Dodol diklasifikasikan menjadi dua, yaitu dodol yang diolah dari buah-buahan dan dodol yang diolah dari tepung-tepungan, antara lain tepung beras dan tepung ketan. Tepung beras ketan ini digunakan sebagai bahan campuran dan bahan pengikat agar diperoleh tekstur yang dikehendaki. Dodol yang memiliki rasa khas manis dan kenyal ini sangat cocok untuk oleh-oleh, hidangan kue khas lebaran ataupun camilan keluarga di rumah. Lihat juga resep Bubur Beras Ketan Hitam enak lainnya!

Cara Pembuatan Dodol tepung beras ketan

  1. Masak santan, gula mera, garam hingga mendidi kalau suka manis bisa di tamba gula pasir secukup nya ya tambahkan juga daun pandan.
  2. Dinginkan air santan.
  3. Setelah dingin tambahkan tepung beras ketan aduk rata saring pada kuali setelah itu masak adonan mengunakan api kecil sebisa mungkin mengunakan wajan anti lengket ya.. aduk terus adonan hingga adonan terasa berat dan tekstur nya sesuai dengan yang di inginkan dan pasti nya suda di mateng ya.
  4. Setelah matang ambil daun pisang beri sedikit minyak biar g lengket tuang adonan tata beri toping sesuai selera.. biarkan dingin.

Klepon terbuat dari tepung ketan dan tepung beras yang diuleni sampai kalis. Adonan tersebut dibentuk bulat-bulat kecil dan diberi isi gula merah kemudian direbus ke dalam air mendidih hingga matang. Penyajiannya adalah dengan mencampur klepon yang telah matang dengan parutan kelapa. Selain tepung beras, tepung ketan juga sering digunakan di berbagai daerah. Tekstur kue yang dihasilkan pun lebih kenyal dan pulen, bahkan tanpa tambahan banyak tepung tapioka atau kanji.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Dodol tepung beras ketan Legit dan Nikmat"

Posting Komentar

close