Resep Iwel-Iwel Tepung ketan Yang Enak

Iwel-Iwel Tepung ketan. Iwel-Iwel Tepung ketan. tepung ketan, kelapa parut yang tdk terlalu tua,, gula pasir, garam, gula merah, disisir kasar, daun pandan, minyak goreng buat oles, Cetakan Alif Rahma. Iwel-Iwel atau Awug atau Dongkal pakai Loyang. Ada kelapa parut sama tepung ketan tinggal dikit, cari-cari resep.

Iwel-Iwel Tepung ketan Kalau tepungnya halus itu bukan Iwel-Iwel, tapi Lapet ketan jadi gak nyambung nanti judulnya ;-). Lihat juga resep Iwel-Iwel Tepung ketan enak lainnya! Iwel-iwel adalah makanan yang berupa jajan pasar yang berasal dari jawa. Cara membuatnya tidak susah Iwel-Iwel Tepung ketan menggunakan 8 bahan dan 3 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Iwel-Iwel Tepung ketan

  1. Siapkan 200 grm tepung ketan.
  2. Dibutuhkan 250 grm kelapa parut yang tdk terlalu tua,.
  3. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  4. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  5. Siapkan 100 gram gula merah, disisir kasar.
  6. Dibutuhkan 2 lembar daun pandan.
  7. Dibutuhkan Secukupnya minyak goreng buat oles.
  8. Siapkan Cetakan.

Makanan ini terbuat dari tepung ketan dan parutan kelapa muda yang di bungkus daun pisang dan tengahnya di isi dengan gula jawa (gula merah). Biasanya makanan ini dihidangkan untuk acara selamatan, syukuran, selapanan dan lainnya.bagi sobat yang ingin mencoba nih aq bagikan resepnya. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa kata iwel-iwel berasal dari kata kemiwel yang berarti menggemaskan. Iwel-iwel pertama dikenal dan dibuat di tanah jawa.

Langkah Pembuatan Iwel-Iwel Tepung ketan

  1. Dalam wadah campurkan tepung ketan, kelapa parut, garam, gula pasir, tdk usah dibejek2 cukup tercampur rata dan tdk bergerindil.
  2. Panaskan panci, Masukkan daun pandan di air kukusan, (jgn lupa tutup panci di bungkus lap), Siapkan cetakan oles minyak, masukkan adonan secukupnya jgn ditekan lalu beri gula merah, kukus hingga matang kurang lebih 20 menit.
  3. Angkat dan selamat mencoba.

Makanan ini makanan tradisional yang sudah lumayan langka. Panganan ini berasal dari kelapa muda yang di parut , tepung beras, daun pandan, garam, dan gula merah yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang yang di semat. Masukkan daun suji dan daun pandan yang halus ke dalam air, lalu peras dan saring. Setelah itu di wadah yang lain campurkan tepung beras ketan dan tepung terigu. Lalu aduk dan campurkan dengan air kapur sirih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Iwel-Iwel Tepung ketan Yang Enak"

Posting Komentar

close